Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
Struktur, tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan Polimer
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak
tentang jenis monomer, jenis reaksi pembentukannya, polimer dalam kehidupan sehari-hari dll.
Menanya (Questioning)
·
Menyusun pertanyaan bagaimana cara polimer
terbentuk.
·
Apa dampak penggunaan polimer sintetis dalam
kehidupan
·
Mengapa plastik sukar dibiodegradasi
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama polimer
·
Mengumpulkan data pembentukan polimerisasi adisi
dan polimerisasi
kondensasi dari literatur.
·
Mengumpulkan data tentang dampak penggunaan
polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan
nama monomer, jenis polimerisasinya,
nama polimer yang terbentuk, sifat-sifat dan kegunaannya dalam
kehidupan.
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Menyampaikan secara tertulis dan mempresentasikan
dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
|
Tugas
·
Menulis tentang “Dampak penggunaan polimer
sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulanganya
Observasi
-
Portofolio
· Mengumpulkan data
tentang penggunaan plastik dan dampaknya
dalam kehidupan, serta usaha penanggulangan.
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan penggolongan Polimer
|
1 x mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai
bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2 Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan
makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
|
|||||
4.7
Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan
makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
|
Rabu, 15 Januari 2014
SILABUS KELAS XII BAB POLIMER
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar