Rabu, 15 Januari 2014

SILABUS KELAS XII BAB POLIMER



Kompetensi Dasar (KD)
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
Struktur, tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan Polimer                                                   
Mengamati (Observing): 
·      Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang jenis monomer, jenis reaksi pembentukannya, polimer  dalam kehidupan sehari-hari  dll.

Menanya (Questioning)
·     Menyusun pertanyaan bagaimana cara polimer terbentuk.
·     Apa dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan
·     Mengapa plastik sukar dibiodegradasi

Mengumpulkan data (Experimenting)
·      Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama polimer
·      Mengumpulkan data pembentukan polimerisasi  adisi  dan polimerisasi  kondensasi  dari literatur.
·      Mengumpulkan data tentang dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
Mengasosiasi (Associating)
·     Menghubungkan  nama monomer, jenis polimerisasinya,  nama polimer yang terbentuk, sifat-sifat dan kegunaannya dalam kehidupan.

Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Menyampaikan secara tertulis dan mempresentasikan dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.

Tugas                                
·     Menulis tentang “Dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulanganya

Observasi
-

Portofolio
·    Mengumpulkan data tentang penggunaan plastik dan dampaknya  dalam kehidupan, serta usaha penanggulangan.

Tes tertulis
·     Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan  dan penggolongan Polimer                                                   


1 x mgg X 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
·  Situs kimia tentang Kimia Karbon

1.2   Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2   Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3   Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
                                 




3.1      Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
4.7      Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar