RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA……
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII MIPA / 2
Materi Pokok : Struktur, tatanama, sifat, penggunaan dan
penggolongan
polimer
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Meghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
laruutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang sadanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri kelimpahan unsur golongan
utama dan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah
Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan
peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.9 Menganalisis struktur, tata nama, sifat
dan penggolongan makromolekul (polimer).
4.9 Menalar dan
menganalisis struktur, tata nama, sifat
dan kegunaan makromolekul (polimer).
C.
Indikator
1.
Menjelaskan struktur polimer.
2.
Menjelaskan tatanama polimer.
3.
Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer.
4.
Mendeskripsikan penggunaan polimer dan mewaspadai dampaknya
terhadap lingkungan.
5.
Mengidentifikasi penggolongan polimer.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan struktur polimer.
2.
Siswa dapat menjelaskan tatanama polimer.
3.
Siswa dapat menjelaskan sifat fisik dan
sifat kimia polimer.
4.
Siswa dapat mendeskripsikan penggunaan
polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan.
5.
Siswa dapat mengidentifikasi
penggolongan polimer.
E.
Materi Pembelajaran
Struktur, tatanama, sifat, penggunaan dan penggolongan polimer.
F.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran :
Scientific
2. Model Pembelajaran :
Cooperatif Learning, tipe TPS (Think Pair
and Share), Discovery Learning.
3. Metode Pembelajaran :
Diskusi, penemuan terbimbing, tanya jawab,
latihan soal.
G.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Buku Kimia SMA kelas XII
Purba,
Michael. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga
Utami,
Budi dkk. 2009. Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII Program ILmu
Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
2.
Media Power point
3.
Lembar Diskusi Siswa
4.
Lembar Kerja Siswa
5.
Lembar penilaian
6.
CD Kimia polimer
7.
Situs kimia tentang Kimia polimer
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana
kelas yang religius dengan memberi
salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, dan mengecek
kehadiran siswa.
Ø Apersepsi
l
Guru menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
l
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa secara komunikatif.
Ø Motivasi
l
Guru mengajukan pertanyaan motivasi kepada siswa mengenai polimer
dalam kehidupan sehari-hari.
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Mengamati
l
Menggali informasi dengan cara
membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata-nama,
jenis monomer dan jenis reaksi pembentukan polimer.
Ø Menanya
l
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai bagaimana cara
polimer dapat terbentuk dan contoh polimer yang sering ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari.
Ø Pengumpulan data
l
Guru mengenalkan kepada siswa mengenai polimer, penyusun polimer,
tata nama, jenis penyusun dan reaksi pembentukan polimer.
l
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama polimer.
l
Mendiskusikan suatu polimer untuk menentukan jenis monomer
pembentuknya.
l
Mengumpulkan data pembentukan polimerisasi adisi dan polimerisasi
kondensasi dari lteratur.
l
Guru memberikan soal-soal latihan kepada siswa dengan
mempersilahkan siswa untuk mengerjakan secara berkelompok.
Ø Mengasosiasi
l
Menghubungkan nama monomer, jenis polimerisasinya, dan nama
polimer yang terbentuk.
Ø Mengkomunikasikan
l
Beberapa siswa maju ke depan untuk mengerjakan soal latihan
mengenai nama monomer, jenis polimerisasinya dan polimer yang terbentuk di
papan tulis.
l
Guru memberikan tanggapan dan review terhadap pekerjaan siswa di
papan tulis.
l
Guru membahas jawaban soal-soal latihan bersama-sama dengan
siswa.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Guru membantu menuntun siswa dalam
menyimpulkan apa yang telah didiskusikan.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah berupa mencari artikel mengenai
kegunaan dan dampak polimer pada kehidupan sehari-hari secara kelompok.
·
Guru memberitahu siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Kedua:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana
kelas yang religius dengan memberi
salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, dan mengecek
kehadiran siswa.
Ø Apersepsi
l
Guru menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
l
Guru menanyakan/mengonfirmasi tugas yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya yang akan berhubungan dengan materi yang diajarkan
pertemuan hari itu.
l
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa secara komunikatif.
Ø Motivasi
l
Guru
mengajukan pertanyaan motivasi kepada siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Mengamati
l
Menggali informasi dengan cara
membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang sifat-sifat polimer,
penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari dan penggolongan polimer.
Ø Menanya
l
Guru
mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai penggunaan
jenis-jenis polimer dan dampaknya bagi lingkungan.
Ø Pengumpulan data
l
Guru menjelaskan mengenai sifat polimer, penggunaan polimer dalam
kehidupan sehari-hari serta penggolongan polimer.
l
Mengumpulkan data mengenai sifat-sifat polimer dari berbagai
literatur.
l
Mendiskusikan penggolongan polimer untuk mengidentifikasi polimer
alam dan polimer sintetis.
l
Guru menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya untuk dibahas dan dikumpulkan pada pertemuan hari itu.
Ø Mengasosiasi
l Menghubungkan
contoh-contoh polimer berdasarkan penggolongannya dengan sifat kimianya serta
kegunaannya dalam kehidupan.
Ø Mengkomunikasikan
l
Tiap-tiap kelompok maju ke depan untuk menjelaskan tugas artikel
penggunaan polimer yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
l
Guru memberikan tanggapan dan review terhadap artikel tiap-tiap
kelompok..
l
Guru membahas artikel tiap-tiap kelompok dan mengkaitkannya
dengan materi yang dibahas pada pertemuan hari itu.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Guru menuntun siswa dalam
menyimpulkan apa yang telah didiskusikan
pada pertemuan hari itu dan mengkaitkannya dengan materi pada pertemuan
sebelumnya.
·
Guru memberitahu siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1.
Jenis / teknik penilaian : Pengamatan, hasil pengumpulan tugas
rumah dan tes tertulis
2.
Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan
saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menyelesaiakan soal-soal dengan benar
b.
Mengintepretasikan jawaban ke dalam permasalahan yang
sesungguhnya.
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok,
Sesudah diskusi kelompok,
Melalui tes sumatif
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan materi.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik
individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
LKS nya adakah mbak
BalasHapusEnggak
Hapus