Rabu, 15 Januari 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN POLIMER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA……
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester        : XII MIPA / 2
Materi Pokok             : Struktur, tatanama, sifat, penggunaan dan penggolongan  
                                      polimer
Alokasi Waktu                       : 4 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.       Meghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.      Kompetensi Dasar
1.1    Menyadari  adanya keteraturan dalam sifat koligatif laruutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang sadanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2   Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2    Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.9 Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul (polimer).
4.9 Menalar dan menganalisis struktur,  tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer).

C.     Indikator
1.                 Menjelaskan struktur polimer.
2.                Menjelaskan tatanama polimer.
3.                Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer.
4.            Mendeskripsikan penggunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan.
5.                Mengidentifikasi penggolongan polimer.


D.     Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat menjelaskan struktur polimer.
2.      Siswa dapat menjelaskan tatanama polimer.
3.      Siswa dapat menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer.
4.      Siswa dapat mendeskripsikan penggunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan.
5.      Siswa dapat mengidentifikasi penggolongan polimer.

E.      Materi Pembelajaran
Struktur, tatanama, sifat, penggunaan dan penggolongan polimer.

F.      Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran             : Scientific
2. Model Pembelajaran                     : Cooperatif Learning, tipe TPS (Think Pair
                                                       and Share), Discovery Learning.
3. Metode Pembelajaran                   : Diskusi, penemuan terbimbing, tanya jawab,
                                                                                            latihan soal.

G.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.       Buku Kimia SMA kelas XII
Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga
Utami, Budi dkk. 2009. Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII Program ILmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
2.      Media Power point
3.      Lembar Diskusi Siswa
4.      Lembar Kerja Siswa
5.      Lembar penilaian
6.      CD Kimia polimer
7.      Situs kimia tentang Kimia polimer

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.     Pertemuan Kesatu:
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, dan mengecek kehadiran siswa.
Ø  Apersepsi
l Guru menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
l Guru menjelaskan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa secara komunikatif.
Ø  Motivasi
l Guru mengajukan pertanyaan motivasi kepada siswa mengenai polimer dalam kehidupan sehari-hari.
10 menit
Inti
Ø  Mengamati
l Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata-nama, jenis monomer dan jenis reaksi pembentukan polimer.
Ø  Menanya
l Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai bagaimana cara polimer dapat terbentuk dan contoh polimer yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Pengumpulan data
l Guru mengenalkan kepada siswa mengenai polimer, penyusun polimer, tata nama, jenis penyusun dan reaksi pembentukan polimer.
l Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama polimer.
l Mendiskusikan suatu polimer untuk menentukan jenis monomer pembentuknya.
l Mengumpulkan data pembentukan polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi dari lteratur.
l Guru memberikan soal-soal latihan kepada siswa dengan mempersilahkan siswa untuk mengerjakan secara berkelompok.
Ø  Mengasosiasi
l Menghubungkan nama monomer, jenis polimerisasinya, dan nama polimer yang terbentuk.
Ø  Mengkomunikasikan
l Beberapa siswa maju ke depan untuk mengerjakan soal latihan mengenai nama monomer, jenis polimerisasinya dan polimer yang terbentuk di papan tulis.
l Guru memberikan tanggapan dan review terhadap pekerjaan siswa di papan tulis.
l Guru membahas jawaban soal-soal latihan bersama-sama dengan siswa.
70 menit
Penutup

·           Guru membantu menuntun siswa dalam menyimpulkan apa yang telah didiskusikan.
·           Guru memberikan pekerjaan rumah berupa mencari artikel mengenai kegunaan dan dampak polimer pada kehidupan sehari-hari secara kelompok.
·           Guru memberitahu siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
10 menit

                                                                                 
2.   Pertemuan Kedua:

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, dan mengecek kehadiran siswa.
Ø  Apersepsi
l Guru menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya.
l Guru menanyakan/mengonfirmasi tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya yang akan berhubungan dengan materi yang diajarkan pertemuan hari itu.
l Guru menjelaskan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa secara komunikatif.

Ø  Motivasi
l Guru mengajukan pertanyaan motivasi kepada siswa.
10 menit
Inti






















Ø  Mengamati
l Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang sifat-sifat polimer, penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari dan penggolongan polimer.
Ø  Menanya
l Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai penggunaan jenis-jenis polimer dan dampaknya bagi lingkungan.
Ø  Pengumpulan data
l Guru menjelaskan mengenai sifat polimer, penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari serta penggolongan polimer.
l Mengumpulkan data mengenai sifat-sifat polimer dari berbagai literatur.
l Mendiskusikan penggolongan polimer untuk mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetis.
l Guru menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya untuk dibahas dan dikumpulkan pada pertemuan hari itu.
Ø  Mengasosiasi
l Menghubungkan contoh-contoh polimer berdasarkan penggolongannya dengan sifat kimianya serta kegunaannya dalam kehidupan.
Ø  Mengkomunikasikan
l Tiap-tiap kelompok maju ke depan untuk menjelaskan tugas artikel penggunaan polimer yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
l Guru memberikan tanggapan dan review terhadap artikel tiap-tiap kelompok..
l Guru membahas artikel tiap-tiap kelompok dan mengkaitkannya dengan materi yang dibahas pada pertemuan hari itu.
70 menit
Penutup

·   Guru menuntun siswa dalam menyimpulkan apa yang telah didiskusikan pada pertemuan hari itu dan mengkaitkannya dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
·   Guru memberitahu siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
·   Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
10 menit


I.        Penilaian
1.                                                                                          Jenis / teknik penilaian : Pengamatan, hasil pengumpulan tugas rumah dan tes tertulis
2.        Prosedur Penilaian :



No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menyelesaiakan soal-soal dengan benar
b.      Mengintepretasikan jawaban ke dalam permasalahan yang sesungguhnya.

Pengamatan dan tes

           Penyelesaian tugas individu dan kelompok, 
           Sesudah diskusi kelompok, 
           Melalui tes sumatif
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi



2 komentar: